Kiat Menjadi Kaya

Seorang laki-laki mendatangi Rasul saw untuk meminta bantuan keuangan. Nanum sebelum ia sempat menyampaikan maksud hatinya itu Rasul saw berkata, “Barang siapa meminta hajat atau pertolongan dari kami, maka kami tentu membantunya. Namun apabila dia tidak meminta dan besar hati, maka Allah akan menjadikannya kaya”. Demi mendengar nasihat Rasul saw tersebut, lelaki itu membatalkan niatnya dan kemudian pulang.

Keesokan harinya ia kembali datang ke rumah Rasul saw dengan tujuan yang sama dan kali inipun ia pulang sebelum sempat menyampaikan hajatnya. Kejadian tersebut terulang hingga tiga kali. Di hari keempat lelaki itu menyewa kapak dari seorang sahabatnya kemudian menuju gurun untuk mengumpulkan kayu belukar. Kayu belukar itu dibawa ke pasar dan ditukar dengan setengah kilo gandum. Ia membawa pulang gandum itu ke rumah dan rotinya dimakan bersama dengan seisi rumah. Ia meneruskan pekerjaan itu sehingga ia mampu membeli kapak sendiri. Dikemudian hari bahkan ia mampu membeli seekor unta muda dan mampu menggaji seorang pemuda. Singkanya ia menjadi kaya dan berkecukupan.

Suatu hari ia menjumpai Rasul saw. Sebelum ia berkata apa-apa, Rasul berkata padanya, “Tidakkah sudah aku katakan barang siapa meminta hajat kepada kami, maka kami membantunya, namun apabila ia kaya hati, nisacaya Allah akan menjadikannya berkecukupan”.

Hikmah :
Islam mengajarkan agar kita berusaha dan bekerja keras serta tidak mudah meminta bantuan kepada orang lain. Apa lagi meminta-minta adalah perbuatan yang tidak terpuji dalam Islam. Dan apa bila hendak meminta batuan hanya Allah yang pantas dimintai batuan. Tangan di atas jauh lebih baik dari pada tangan di bawah. Memberi adalah jauh lebih baik dari pada meminta. Apa bila ada orang yang memberi kepada kita tanpa kita meminta itu adalah rizki bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: